TINDAK PIDANA PENELANTARAN ISTRI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Analisis putusan 85/pid.sus/2019/PN.sbh)

TINDAK PIDANA PENELANTARAN ISTRI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Analisis putusan 85/pid.sus/2019/PN.sbh)
About the Book

Dalam kegiatannya sehari-hari seorang perempuan, sebagai seorang ibu mempunyai peranan yang penting, yaitu menanamkan nilai- nilai dasar kemasyarakatan atau nilai-nilai sosial budaya termasuk didalam nya norma-norma hukum yang berlaku dan yang menyangkut berbagai aspek kehidupan bersama. Pertama-tama memang dilakukan didalam rumah tangga yaitu kepada anak-anaknya, kemudian akan dikembangkan kepada masyarakat sekitarnya. Korban kekerasan dan penelantaran dalam rumah tangga yang kebanyakan adalah perempuan (istri) dan anak yang harus mendapat perlindungan dari Negara dan/atau masyarakat agar terhindar dan terbebas dari kekerasan atau ancaman kekerasan atau perbuatan yang merendahkan martabat kemanusiaan.

Rumah tangga seharusnya menjadi tempat yang aman bagi para anggotanya karena keluarga dibangun oleh suami istri atas dasar ikatan lahir batin diantara keduanya. Suami dan istri mempunyai hak dan kedudukan yang seimbang dalam kehidupan berumah tangga dan pergaulan hidup didalam masyarakat serta berhak melakukan perbuatan hukum. Tindak kekerasan di dalam rumah tangga (domestic violence) merupakan jenis kejahatan yang kurang mendapatkan perhatian dan jangkauan hukum.

Details
Author:
Genres: Hukum, Monograf
Tag: Recommended Books
Publisher: EDUPEDIA Publisher
Publication Year: 2023
Disclosure of Material Connection: Some of the links in the page above are "affiliate links." This means if you click on the link and purchase the item, I will receive an affiliate commission. I am disclosing this in accordance with the Federal Trade Commission's 16 CFR, Part 255: "Guides Concerning the Use of Endorsements and Testimonials in Advertising."